Ramuan Herbal untuk Diabetes Melitus

Diabetes Mellitus
Ramuan Diabetes Mellitus
Diabetes mellitus telah menjadi momok bagi banyak orang, terutama mereka yang merasa gaya hidupnya kurang sehat. Penyakit kencing manis ini sesungguhnya adalah kelainan metabolisme yang disebabkan oleh banyak faktor. Kumpulan gejala hiperglikemia kronis serta gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sering kali mengiringi penyakit diabetes mellitus ini. Beberapa penyebab penyakit diabetes mellitus antara lain, kurangnya sekresi hormon insulin, kurangnya aktivitas insulin, defisiensi transporter glukosa,  atau gabungan dari faktor-faktor di atas. Berbagai penyakit yang dapat terpicu oleh diabetes mellitus antara lain, Alzheimer, sindroma Down, penyakit Huntington, penyakit Parkinson, hipotiroidisme, dan hipertiroidisme, hipogonadisme.

Diabetes mellitus dapat ditangani dengan injeksi insulin sintetik dan berbagai obat antidiabetik oral (seperti repaglinid, biguanid, atau glibenclamid). Namun, belakangan ini masyarakat mulai memilih pengobatan secara tradisional untuk mengatasi diabetes mellitus. Indonesia dengan keanekaragaman hayati yang tinggi menyimpan beragam tanaman berkhasiat yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus. Telah banyak terapis yang meresepkan ramuan herbal untuk pasien diabetiknya.
Berikut ini beberapa ramuan yang mudah dibuat untuk mengatasi diabetes mellitus.

Daun Sirih Merah
Rebusan daun sirih merah yang sudah setengah tua bersama tiga gelas air. Minumlah ramuan ini sehari tiga kali sebelum makan sebanyak setengah gelas.

Umbi Bidara Upas
Air perasan dari 100 g umbi bidara upas yang telah diparut. Minumlah ramuan setiap pagi, 30 menit sebelum makan. Rebusan yang terdiri atas 10 g umbi bidara upas, 5 g daun sendok, 5 g ciplukan, 5 helai daun salam, 5 gelas air, dan gula aren secukupnya. Minumlah ramuan tersebut setiap hari.

Acar Bawang Merah
Lima butir bawang merah yang diiris tipis-tipis. Konsumsilah irisan tersebut sekaligus setiap dua kali sehari.
Tanaman-tanaman “ajaib” di atas sanggup menumpas penyakit kencing manis karena mengandung senyawa aktif yang memiliki khasiat tertentu. Misalnya, umbi bawang merah yang memiliki kandungan antidiabetes dengan kinerja mirip obat antidiabetes sintetik. Banyak riset yang telah dilakukan untuk membuktikan bahwa bawang merah memiliki efek penurun kadar gula darah. Salah satu hasil riset menunjukkan bahwa ekstrak bawang merah dengan dosis 250 mg/kg bobot badan mampu mengurangi kadar gula darah hingga 23,46%. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian untuk mengetahui mekanisme senyawa aktif dari berbagai tanaman herbal ini dalam mengobati berbagai penyakit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »