Tanda Tanda Sipilis Penyakit Kelamin pada Pria dan Wanita

Penyakit sipilis, sifilis atau raja singa merupakan salah satu jenis Penyakit Menular Seksual (PMS). Sifilis adalah penyakit kelamin pada pria dan wanita yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit sipilis sering ditemukan menular pada orang lain melalui hubungan seksual (hubungan intim). Selain itu, penyakit raja singa ini juga sangat mungkin menular melalui transfusi darah dari penderita. Lebih lanjut akan diuraikan tanda tanda spilis penyakit kelamin pada pria dan wanita, sementara itu cara penularan sipilis melalui hubungan intim seksual seperti hubungan intim miss v, oral, maupun anal. Tak berhenti di sini saja, cara penularan sipilis juga bisa lewat jarum suntik, misalnya sering ditemukan pada pengguna narkoba yang bertukar jarum suntik ataupun pada orang - orang yang memiliki hobi bertato atau menindik.

Pada artikel sebelumnya juga telah dijelaskan bahwa cara penularan sipilis juga bisa terjadi dari ibu hamil yang menderita penyakit sipilis kepada bayi di dalam kandungannya, yang tentu saja sangat berpotensi menyebabkan kematian bayi dalam kandungan. Adapun gejala atau tanda tanda sipilis akan nampak dalam kurun waktu 3 minggu setelah bakteri Treponema pallidum memasuki tubuh. Bakteri ini berbentuk spiral berwarna putih dan mudah mati bila berada diluar tubuh manusia. Dengan salah satu karakter bakteri tersebut maka salah satu langkah terapi yang perlu dilakukan adalah mempercepat proses mengeluarkan bakteri tersebut ke luar tubuh.Teknik mengeluarkan bakteri ini hanya bisa efektif dilakukan dengan metode bioteknologi lewat prinsip keseimbangan bakteri di dalam tubuh.

Raja singa atau sipilis, salah satu penyakit kelamin pada pria dan wanita ini tidak hanya menyerang kaum LGBT, gay atau biseksual saja, akan tetapi juga dapat terjadi pada wanita serta pria heteroseksual. Banyaknya kasus demi kasus dari jenis penyakit ini, dapat dijadikan pelajaran dan tentu membuat setiap orang harus mengetahui gejala atau tanda tanda sipilis sejak dini.

Tanda Tanda Sipilis Penyakit Kelamin pada Pria

Tanda - tanda sipilis akan terlihat dalam kurun waktu tiga minggu setelah bakteri memasuki tubuh penderita. Berikut adalah tanda tanda sipilis pada pria yang memperparah kondisi tubuh penderita.
  1. Keluar cairan atau kotoran dari ujung alat kelamin pria.
  2. Nyeri selama berhubungan intim atau pada saat buang air kecil.
  3. Kerongkongan terasa sakit atau terjadi luka kerongkongan pada orang - orang yang hobi dengan hubungan oral.
  4. Terasa nyeri di daerah sekitar anus atau pada pasangan yang hobi hubungan anal.
  5. Ditemukan luka memerah tanpa rasa sakit pada daerah kelamin, anus, kerongkongan dan atau lidah.
  6. Adanya bintik merah pada kulit dan bersisik pada telapak tangan serta telapak kaki.
  7. Urine atau air seni berwarna gelap, feses berwarna terang, mata dan kulit berwarna kuning.
  8. Penyakit kelamin pada pria ini, ditemukan bagian yang melepuh kecil pada daerah kelamin dan lambat laun berubah menjadi koreng (kerak kering pada luka).
  9. Pembengkakan pada kelenjar limfe, demam dan nyeri atau rasa sakit pada seluruh tubuh.
  10. Mudah lelah yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, keluar keringat malam hari dan berat badan menurun drastis.
Baca juga: Tanda Tanda Kencing Nanah pada Pria dan Wanita

Tanda Tanda Sipilis Penyakit Kelamin pada Wanita

Perlu diingat, bahwa bila tanda tanda sipilis ditemukan pada ibu hamil, obatilah dengan segera. Bila tidak maka mata bayi yang dilahirkan dapat dengan mudah terinfeksi yang berpotensi menyebabkan kebutaan. Berikut adalah beberapa tanda tanda sipilis pada wanita, antara lain.
  1. Rasa nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan.
  2. Rasa gatal pada alat kelamin atau sekitarnya.
  3. Adanya Lecet atau luka kecil, kadang tidak memberi rasa sakit yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening.
  4. Keluar cairan yang tidak normal dari saluran kencing seperti keputihan yang banyak, aroma tak sedap, berbau amis, berwarna putih, kecoklatan hingga kehijauan.
  5. Adanya perubahan warna kulit dan mata.
  6. Komplikasi berupa bartolitis, yaitu membengkaknya kelenjar Bartholin sehingga penderita susah jalan karena nyeri.
  7. Komplikasi penyakit kelamin pada wanita berpotensi menyebabkan kemandulan, jika ke rongga perut menyebabkan radang di perut dan usus. Selain itu baik pada wanita atau pria dapat terjadi infeksi sistemik ( seluruh tubuh) ke sendi, jantung, selaput otak dan lain-lain.
Penyakit kelamin pada wanita ini, terkadang tanda tanda sipilis tidak muncul bahkan beberapa wanita tidak mengalami keluhan sama sekali, sehingga wanita dengan mudah menularkannya pada orang lain.

Semoga penjelasan tanda tanda sipilis penyakit kelamin pada pria dan wanita ini bermanfaat bagi anggota komunitas kelas probiotik dan warga lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »